Kamis, 23 Agustus 2012

Pengenalan Praprosesor #include pada Bahasa C


Baris pertama kode program pada postingan pertama saya menenai pemrograman bahasa c yaitu di sini terdapat kode :

#include <stdio.h>

#include merupakan salah satu jenis pengarah praprosesor. Pengarah praprosesor ini dipakai untuk membaca file yang dinamakan file-judul (header file), yaitu file yang diantaranya berisi deklarasi fungsi dan definisi konstanta. Beberapa file-judul disediakan oleh compiler. File-file ini mempunyai ciri yaitu namanya diakhiri dengan extension .h. Misalnya seperti yang saya tuliskan di atas, yaitu stdio.h menyatakan pada kompiler agar membaca file bernama stdio.h saat pelaksanaan kompilasi.

Bentuk umum #include yaitu :
#include <namafile>
atau
#include “namafile”

Bentuk pertama (#include <namafile>) mengisyaratkan bahwa pencarian file dilakukan pada direktori khusus (direktori file include). Sedangkan bentuk kedua (#include “namafile”) menyatakan bahwa pencarian file dilakukan pertama kali pada direktori aktif tempat program sumber dan seandainya tak ditemukan pencarian akan dilanjutkan pada direktori lainnya yang sesuai dengan perintah pada sistem operasi (yaitu PATH).

Kebanyakan program melibatkan file stdio.h (file-judul I/O standard, yang disediakan oleh compiler). Program yang melibatkan file ini yaitu program yang menggunakan pustaka I/O (input-output) standart, seperti printf().

0 komentar:

Posting Komentar